A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Latar Belakang

Latar Belakang

Rabu, 29 Oktober 2014 10:05:18 admin

Sejarah Rumah Sakit

Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien  Meulaboh Kabupaten Aceh Barat  pertama kalinya dimulai pada tahun 1968 dengan swadaya masyarakat dibantu dana APBD Tk.II Aceh Barat. Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien Meulaboh dibangun diatas tanah dengan luas 2,8 Ha. Lokas i areal tanah tersebut terletak di Kelurahan Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat.  Pasca terjadinya bencana alam gempa bumi  8,9 Skala Righter yang berpusat di Meulaboh disusul dengan gelombang Stunami yang terjadi pada hari Minggu 26 Desember 2004 sekitar pukul 08.00 wib  berdampak  pada makin derasnya arus globalisasi ke daerah Kabupaten Aceh Barat. Bantuan datang dari  berbagai penjuru dunia termasuk untuk perbaikan rekontruksi dan rehabilitasi Rumah Sakit Umum Daerah Cut Nyak Dhien yang dibangun oleh donatur  palang merah Singapura. Tahun 2010 tepatnya pada hari Jum’at  2 Juni  pukul 10.00 diadakan peresmian gedung baru RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh oleh Gebernur Aceh disaksikan oleh Bupati Aceh Barat, dan perwakilan dari negara Singapura serta tokoh masyarakat Aceh Barat yang hingga kini merupakan satu-satunya Rumah Sakit menjadi pusat rujukan bagi masyarakat Aceh Barat dan sekitarnya.

Profil RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh adalah gambaran situasi dan kondisi/keadaan  terkini yang ada di RSUD Cut Nyk Dhien Meulaboh yang disusun tahun 2014. Dalam Profil ini memuat berbagai data tentang gambaran umum profil RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, rencana strategis, program dan hasil kinerja serta  isu pengembangan yang akan dilakukan dan dilaksanakan oleh RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Dalam  Profil  RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh juga menyajikan data pendukung lain yang berhubungan dengan kesehatan seperti data kependudukan, data sosial ekonomi, data lingkungan dan data lainnya.Data dianalisis dengan analisis sederhana dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik.

      Profil RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh ini dibuat agar  diperoleh gambaran keadaan perkembangan dan kemajuan RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh mulai dari pendirian RSUD  Cut  Nyak  Dhien Meulaboh sampai kondisi saat ini.  Dengan adanya profil  ini juga diharapkan dapat memberikan data yang akurat, untuk mengambil keputusan berdasarkan fakta dan kondisi riil yang sebenarnya. Selain itu profil ini juga dapat digunakan sebagai penyedia data dan informasi dalam rangka evaluasi perencanaan, pencapaian Program kegiatan di  RSUD  Cut Nyak Dhien Meulaboh untuk mencapai Visi dan Misi  RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh yang mengacu pada visi Masyarakat Sehat Yang Mandiri dan Berkeadilan.

Tujuan

1.Tujuan Umum

Tujuan Umum penyusunan profil RSUD Cut Nyak dhien ini adalah untuk memperoleh dan menghadirkan informasi seputar RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh yang dapat dijadikan sebagai bahan penilaian dan perbandingan tercapai atau tidaknya target kegiatan, yang kelak dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menentukan langkah-langkah perencanaan dan pengembangan RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh pada periode  selanjutnya

2.Tujuan Khusus

Tujuan khusus penyusunan profil RSUD Cut Nyak dhien ini adalah Diperolehnya data/informasi tentang RSUD Cut Nyak dhien Meulaboh antara lain adalah data/informasi ketenagaan,  data/informasi sarana dan prasarana kendaraan dan fisik serta peralatan penunjang pelayanan, data/informasi produk dan jenis pelayanan yang tersedia, data/informasi keuangan, data/informasi program kegiatan, data/informasi indikator capaian serta isu pengembangan RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh.