A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

BLUD RSUD CUt Nyak Dhien Meulaboh Naik Kelas

BLUD RSUD CUt Nyak Dhien Meulaboh Naik Kelas

Senin, 11 April 2016 00:00:00 admin rsucnd

MEULABOH- Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien Meulaboh resmi berubah tipe dari kelas C menjadi Kelas B setelah keluarnya sertifikasi kenaikan kelas dari Pemerintah Aceh dengan Nomor 445.1/BP2T/593/2016.

Direktur RSU CND Meulaboh,dr Akbar Siregar, Sabtu(9/4) mengatakan kenaikan kelas rumah sakit tersebut resmi setelah ditandatanganinya Sertifikat Penetapan Kelas Rumah Sakit Umum itu oleh kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T), Jalaluddin atas nama Gubernur Aceh.

Dengan naiknya kelas rumah sakit itu kata Akbar,pihaknya akan terus memacu pelayanan yang lebih baik di rumah sakit setempat dengan melakukan pembenahan terhadap segala kekurangan yang ada.

“Ada empat hal yang urgent untuk segera kita benahi seperti menambah ruangan PICU/MICU atau ICU anak yang selama ini tidak terpisah,”ungkapnya.

Menurut Akbar, secara pelayanan untuk kelas B ruang anak yang lahir dengan resiko tinggi atau lahir dalam keadaan operasi terpisah dengan bayi yang lahir secara normal.

Bukan hanya itu, ruang CSSD yang berfungsi sebagai ruang sterilisasi alat operasi bagi tim medis juga akan disediakan ruang khusus, meski sebenarnya telah ada namun secara aturan selama ini belum mengikuti standarisasi.

Persoalan lain yang akan terus dibenahi adalah adanya pemisah antara pintu masuk ruang operasi dengan pintu keluar karena tidak tersedianya poliklinik bedah di luar ruang operasi yang sebenarnya berfungsi sebagai kontrol masuk keluarnya pasien.

“Secara standar harusnya pintu masuk kamar operasi melalui pintu gate UGD dan pintu keluar melalui poliklinik bedah, tapi selama ini masuk dan keluar melalui pintu poliklinik bedah,”kata dia.

Ruangan lain yang juga harus dilakukan pemisahaan menurutnya adalah ICU yang memisahkan antara pasien resiko tinggi denga pasien infeksi.

Untuk menambah sarana tersebut kata dia, pihak rumah sakit membutuhkan anggaran sekitar 300 juta lebih sehingga semua dapat dibenahi.

Dengan naiknya tipe rumah sakit rujukan pantai barat selatan Aceh itu, pihaknya juga akan menambah dokter spesialis lainnya seperti dokter spesialis bedah plastik meski berisifat kunjungan bukan dokter tetap.

“Perubahan struktur juga akan kita lakukan kalau selama ini tidak ada wakil direktur misalnya, maka kedepannya sudah harus ada wakil direktur. Kita juga akan sampaikan ke Kementrian Kesehatan atas berubahnya kelas rumah sakit kita dari C ke B, sehingga secara administrasi tercatat di sana,”ungkapnya.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan kata dia, termasuk melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dengan Dinas Kesehatan Aceh serta Dinas Kesehatan kabupaten Aceh Barat. __Sumber: AJNN.NET. Editing (Imr)